VENTURA

Kebijakan Privasi


Kebijakan Privasi

Selamat datang di platform digital untuk memfasilitasi transaksi berbasis kemitraan bernama Ventura Payment System (“Aplikasi“) yang dikelola oleh PT Ventura Pratama Sejati (“Kami” atau “Perusahaan“).

Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana Kami mengumpulkan, memperoleh, menyimpan, menggunakan, mengolah, menguasai, memindahkan, mengirimkan, mengungkapkan dan/atau melindungi segala informasi dan data yang diperoleh dari atau sehubungan dengan penggunaan Aplikasi (“Informasi Yang Diperoleh“), termasuk informasi yang dapat diidentifikasi atau terasosiasi pada Anda (“Data Pribadi“).

Dengan mengakses dan/atau menggunakan Aplikasi, Anda memahami dan setuju untuk tunduk terhadap Kebijakan Privasi ini. Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama dan secara menyeluruh. Dalam hal Anda tidak setuju dengan Kebijakan Privasi ini, Anda berhak untuk tidak mengakses dan/atau tidak menggunakan Aplikasi.

PEROLEHAN DAN PENYIMPANAN INFORMASI YANG DIPEROLEH

Kami mengumpulkan Informasi Yang Diperoleh (termasuk Data Pribadi) agar Aplikasi dapat digunakan sesuai maksud dan tujuannya, untuk menunjang efisiensi kinerja Aplikasi dan meningkatkan kualitas layanan dalam Aplikasi.

  1. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Pengguna:
    • membuat atau memperbarui akun Ventura Payment System, termasuk diantaranya nama pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna;
    • melakukan verifikasi diantaranya Kartu Tanda Penduduk (KTP) / ID CARD beserta foto selfie;
    • Ketika dibutuhkan dan dengan adanya persetujuan dari pengguna, aplikasi dapat mengakses hak akses kamera untuk melakukan pengambilan foto KTP untuk verifikasi. Kami tidak akan menggunakan atau membagikan hak akses ini selain untuk melakukan pengambilan gambar untuk tujuan verifikasi akun. Pengguna dapat menonaktifkan hak akses ini kapanpun pengguna menginginkannya
    • menghubungi Ventura Payment System, termasuk melalui layanan pelanggan (customer service);
    • mempergunakan layanan-layanan pada Aplikasi, termasuk data transaksi yang detil, diantaranya jenis, jumlah dan/atau keterangan dari produk atau layanan yang dibeli, kanal pembayaran yang digunakan, jumlah transaksi, tanggal dan waktu transaksi, serta detil transaksi lainnya;
    • menggunakan fitur pada Aplikasi yang membutuhkan izin akses ke data yang relevan yang tersimpan dalam perangkat Pengguna;
    • Aplikasi akan meminta perijinan untuk menghubungkan HP Anda ke jaringan internet, menyimpan data pada HP Anda, mengirimkan informasi pribadi Anda, mengakses daftar kontak HP Anda, meminta informasi lokasi Anda, mengirimkan notifikasi ke HP Anda.
    • Ketika dibutuhkan serta dengan persetujuan dari pengguna, aplikasi mungkin akan meminta pengguna untuk mengaktifkan/menonaktifkan Bluetooth untuk tujuan pencetakan invoice. Pengguna dapat memutuskan untuk mengaktifkan/menonaktifkan hak akses ini sesuai dengan keinginan pengguna
    • Ketika dibutuhkan oleh pengguna, aplikasi kami dapat mengakses daftar kontak dengan adanya persetujuan dari pengguna, akses ini digunakan untuk mempermudah proses transaksi agar prosedur pengisian data transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat. Penggunaan hak akses daftar kontak digunakan untuk mempercepat proses transaksi. Kami tidak akan membagikan, membagikan, atau menyebarkan data pengguna kepada pihak yang tidak terkait dengan layanan kami. Pengguna berhak untuk menonaktifkan hak akses ini pada saat tidak menggunakan aplikasi kami.
  2. Data yang terekam pada saat Pengguna mempergunakan Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
    • data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi dan lokasi geografis (geolocation);
    • data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna sehubungan dengan penggunaan Aplikasi, termasuk waktu pendaftaran, login dan transaksi;
    • data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Aplikasi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
    • data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Aplikasi, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama file dan versinya, pengenal perangkat unik, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler; dan/atau;
    • data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban (browser), dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Aplikasi;
  3. Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk namun tidak terbatas pada:
    • data berupa email, nomor telepon, nama, dan/atau alamat dari mitra Ventura Payment System tempat Pengguna membuat atau mengakses akun Ventura Payment System, seperti layanan media sosial, atau situs/aplikasi yang menggunakan application programming interface (API) Ventura Payment System atau yang digunakan Ventura Payment System;
    • data berupa email dari penyedia layanan pemasaran.

PENGGUNAAN INFORMASI YANG DIPEROLEH

Kami dapat menggunakan Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

  1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Aplikasi.
  2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan kami, termasuk:
    • melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada situs/aplikasi Ventura Payment System, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas;
  3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan Ventura Payment System, diantaranya untuk:
    • memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
    • mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas layanan pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan;
    • mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pelanggan Ventura Payment System;
    • menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, fax, dan metode komunikasi lainnya, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala, serta menyampaikan berita atau notifikasi lainnya sehubungan dengan perlindungan Data Pribadi Pengguna oleh Ventura Payment System, termasuk kegagalan perlindungan Data Pribadi Pengguna;
    • menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan layanan-layanan pada Aplikasi, serta mengembangkan fitur dan produk baru; dan
    • menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, berita, perkembangan terbaru, acara dan informasi lainnya, baik melalui Aplikasi maupun melalui media lainnya. Ventura Payment System juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan Ventura Payment System dan mitra usahanya.
  4. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut.
  5. Dalam keadaan tertentu, Ventura Payment System mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan dan kewajiban peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Ventura Payment System, atau dugaan tindak pidana seperti penipuan atau pencurian data.
  6. Pemenuhan persyaratan dan kewajiban peraturan perundang-undangan yang berlaku sehubungan dengan kepentingan perpajakan di Indonesia.

PENGUNGKAPAN INFORMASI YANG DIPEROLEH

  1. Ventura Payment System berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Ventura Payment System dan menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:
    • dibutuhkan adanya pengungkapan Data Pribadi Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu Ventura Payment System dalam menyajikan layanan yang tersedia atau layanan yang di kemudian hari akan tersedia pada Aplikasi dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Aplikasi, termasuk memproses transaksi, verifikasi pembayaran, dan promosi;
    • Ventura Payment System dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang mana Ventura Payment System telah bekerjasama untuk menyelenggarakan promosi, perlombaan, atau layanan khusus yang tersedia pada Aplikasi;
    • dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra usaha Ventura Payment System (seperti pembayaran, dan penyedia fitur atau fasilitas layanan lainnya) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya;
    • Ventura Payment System dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma/lembaga riset, atau penyedia layanan sejenis dalam rangka kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga, peningkatan dan pemeliharan kualitas layanan Ventura Payment System, serta kegiatan publikasi lainnya;
    • Pengguna menghubungi Ventura Payment System melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Aplikasi, yang mana komunikasi antara Pengguna dan Ventura Payment System tersebut dapat dilihat dan diketahui oleh khalayak ramai;
    • Ventura Payment System dapat membagikan Data Pribadi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama Ventura Payment System;
    • Ventura Payment System mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum atau instansi penyelenggara negara yang berwenang;
  2. Sehubungan dengan pengungkapan Data Pribadi Pengguna sebagaimana dijelaskan di atas, Ventura Payment System akan/mungkin perlu mengungkapkan Data Pribadi Pengguna kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait Ventura Payment System, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berlokasi di luar wilayah Indonesia. Meskipun demikian, penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut hanya akan mengelola dan/atau memanfaatkan Data Pribadi Pengguna sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku;

PILIHAN PENGGUNA DAN TRANSPARANSI

  1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS dan Android) memiliki pengaturan sehingga aplikasi Ventura Payment System tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Ventura Payment System pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Ventura Payment System pertama kali dimuat atau pada saat fitur tertentu di buka. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dalam perangkatnya;
  2. Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa username, alamat email, nomor telepon, password , PIN transaksi, sesi login, dan set komisi melalui fitur Akun pada Aplikasi;
  3. Sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi Ventura Payment System untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Aplikasi maupun layanan Ventura Payment System lainnya;

KEAMANAN

  1. Kerahasiaan atas Data Pribadi merupakan hal yang sangat penting bagi Kami. Kami berupaya dan akan selalu mengambil langkah-langkah yang secara wajar diperlukan untuk melindungi keamanan Informasi Yang Diperoleh (termasuk Data Pribadi). Namun, Kami tidak dapat sepenuhnya menjamin bahwa sistem kami benar-benar tidak dapat ditembus oleh virus, malware , gangguan, peretasan, pelanggaran hukum atau akses tidak sah oleh pihak ketiga.
  2. Ventura Payment System melindungi setiap Data Pribadi Pengguna yang disimpan dalam sistemnya, serta melindungi data tersebut dari akses, penggunaan, modifikasi, pengambilan dan/atau pengungkapan tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan, termasuk kata sandi, PIN dan kode OTP (One Time Password) Pengguna.
  3. Pengguna dilarang memberikan atau mengungkapkan identitas ( ID) Pengguna, PIN, dan kata sandi (password) Pengguna kepada pihak lain manapun dan harus selalu menjaga keamanan perangkat elektronik yang Pengguna gunakan.
  4. Data Pribadi Pengguna juga dapat disimpan atau diproses di luar negara oleh pihak yang bekerja untuk Ventura Payment System di negara lain, atau oleh penyedia layanan pihak ketiga, vendor, pemasok, mitra, kontraktor, atau afiliasi Ventura Payment System. Dalam hal tersebut, Ventura Payment System akan memastikan bahwa Data Pribadi tersebut tetap terlindungi sesuai dengan komitmen Ventura Payment System dalam Kebijakan Privasi ini.

PENYIMPANAN, PENGHAPUSAN INFORMASI PENARIKAN PERSETUJUAN

  1. Ventura Payment System akan menyimpan informasi selama akun Pengguna tetap aktif dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku.
  2. Ventura Payment System akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Ventura Payment System apabila (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Pengguna dapat menarik persetujuan Pengguna atas pengumpulan, perolehan, penyimpanan, penggunaan, pengolahan, penguasaan, pemindahan, pengiriman, pengungkapan dan/atau perlindungan Data Pribadi sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan meminta penghapusan Data Pribadi tersebut sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengguna memahami dan setuju bahwa penarikan persetujuan dan permintaan penghapusan Data Pribadi dapat mengakibatkan Pengguna tidak lagi dapat mengakses dan/atau menggunakan Aplikasi..

HAK AKSES ATAS DATA PRIBADI

Pengguna berhak untuk mengakses Data Pribadi yang disimpan pada Perusahaan dengan menyampaikan permintaan akses kepada Perusahaan pada setiap Hari Kerja pukul 09.00-17.00 WIB melalui alamat surat elektronik: support@venturapaymentsystem.id

PERUBAHAN DATA PRIBADI

Pengguna berhak untuk mengakses Data Pribadi yang disimpan pada Perusahaan dengan menyampaikan permintaan akses kepada Perusahaan pada setiap Hari Kerja pukul 09.00-17.00 WIB melalui alamat surat elektronik: support@venturapaymentsystem.id

PRIVASI ANAK-ANAK

Layanan ini tidak ditujukan kepada siapa pun yang berusia di bawah 13 tahun. Kami tidak dengan sengaja mengumpulkan informasi identitas pribadi dari anak-anak di bawah 13. Jika kami menemukan bahwa seorang anak di bawah 13 tahun telah memberi kami informasi pribadi, kami segera menghapusnya dari server kami. Jika Anda adalah orang tua atau wali dan Anda mengetahui bahwa anak Anda telah memberi kami informasi pribadi, silakan hubungi kami sehingga kami dapat melakukan tindakan yang diperlukan.

PENGADUAN TERKAIT PERLINDUNGAN DATA PENGGUNA

  1. Jika Pengguna memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan Ventura Payment System terhadap Data Pribadi Pengguna atau jika Pengguna yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna dapat menghubungi Ventura Payment System melalui layanan pelanggan Ventura Payment System atau kepada kontak Ventura Payment System yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna.
  2. Ventura Payment System akan menyelidiki keluhan Pengguna dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Pengguna.

HUBUNGI KAMI

Dalam hal Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi miliknya, silakan hubungi layanan pelanggan Ventura Payment System melalui alamat surat elektronik: support@venturapaymentsystem.id

PEMBARUAN KEBIJAKAN PRIVASI

Ventura Payment System dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Ventura Payment System menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs maupun layanan Ventura Payment System lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.


Terakhir diperbaharui: 16/03/2023